Minggu

Motivasi : Cara Menjadi Kaya

Ini adalah awal postingan saya di tahun 2009. Di awal tahun pasti banyak harapan yang kita buat. Sebagai umat Tuhan sepatutnya selalu mempunyai harapan dan jangan pernah berhenti berharap karena dengan harapan manusia bisa hidup dan berkembang. Dan harapan adalah sesuatu yang lebih baik dan positif. Kalau dilihat dari judul posting ini Cara Menjadi Kaya, wah sepertinya kaya adalah harapan dan impian semua orang. Walaupun ada juga orang-orang yang beranggapan kalau jadi kaya nanti sombong dan jahat. Makanya kita buang jauh-jauh dulu pikiran negative tentang kaya dan kita berharap menjadi orang kaya yang baik dan murah bati. Harapan kan harus selalu baik dan positif.

Beberapa waktu lalu, seorang teman memberi saya sebuah buku yang berjudul Wink and Grow Rich karangan Roger Hamilton. Bagi yang belum membacanya, mungkin saya dapat ceritakan sedikit tentang isinya menurut gambaran saya karena cerita dalam buku ini isinya kiasan jadi inti ceritanya bisa saja berbeda dari setiap persepsi orang yang membacanya. Buku ini merupakan bercerita tentang seorang bocah mencoba mencari tahu bagaimana cara menjadi kaya, sehingga tidak bergantung lagi pada sumur kekayaan. Dikisahkan bahwa ayah dari anak ini adalah tukang kayu yang bekerja dengan keras dan sangat keras sebagai tukang kayu tapi dengan bekerja dengan sangat keras itu, dia tidak semakin kaya. Setiap hari mereka harus membeli seember air dari sumur kekayaan dan selalu meminumnya sampai habis. Mereka sangat bergantung pada sumur kekayaan. Sehingga suatu hari si Richard (nama anak itu) diminta ayahnya ke sumur kekayaan untuk membeli seember air dan ketika di sebuah persimpangan dia bertemu seorang wanita tua yang mengarahkannya ke jalan yang berbeda sebagai cara untuk menjadi kaya.




Dan kisah perjalanan Richard inilah yang isinya menceritakan perjalanan dia untuk belajar dari orang-orang hebat yang kaya yang dia temui disepanjang perjalanannya dengan tujuan menjadi kaya dan tidak bergantung lagi pada sumur kekayaan melainkan dapat merancang sendiri sumber kekayaan.

Banyak inspirasi dan motivasi yang bisa didapat dari buku ini, beberapa diantaranya yang berhasil saya simak adalah :

Menemukan visi apa yang kita inginkan dalam hidup. Jika kita telah menemukan visi tersebut, maka langkah selanjutnya akan lebih terlihat jelas dan focus terarah dengan pedoman Pikirkan, tuliskan, lakukan, tinjau kembali.

Investasikan waktu dan uang lebih banyak, habiskan leih sedikit. Jumlah kekayaan uang yang dimiliki tiap orang berbeda. Setiap keran uang dibuka maka akan terbuang dan habis, tapi dengan menyisihkan untuk diinvestasikan lagi maka akan dapat menjadi berkembang dan menghasilkan keran uang yang baru. Tidak semua orang mempunyai uang banyak yang dapat dikumpulkan untuk cukup diinvestasikan, tapi tiap orang mempunyai kekayaan waktu yang sama 24 jam per hari, jadi mulailah juga investasikan waktu lebih banyak. Waktu adalah asset yang paling berharga

Mengetahui tanpa melakukan berarti belum mengetahui. Begitu banyak teori yang mudah kita dapatkan tapi tanpa action engga ada artinya dong alias tidak menghasilkan apa-apa.

Kesempatan ada di setiap saat, tinggal kita yang melihatnya sebagai peluang.

Faktor kali/multiplier adalah factor mempercepat cepat kaya yaitu dengan memahami cara menggunakan pengungkit untuk memperbesar efek kekayaan

Kita sendiri yang menentukan hasil pilihan kita. Banyak hal yang dapat mempengaruhi suatu keadaan tapi kita sendirilah yang berhak mengijinkan apakah sesuatu keadaan itu dapat membuat kita semakin baik dan berkembang.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice one

Anonim mengatakan...

nice post....
http://www.restinrich.blogspot.com

Posting Komentar

Posting Komentar