Kamis

Memulai Bisnis Online Lewat Blog Gratisan

Pengguna internet di Indonesia menunjukkan peningkatan yang sangat tajam, tercatat di tahun 2007 sejumlah 23 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet dan diperkirakan akan mencapai 60 juta orang pengguna internet di Indonesia pada tahun 2010. Sekarang dengan semakin bertambahnya provider yang memberi kemudahan akses internet dengan harga yang kian terjangkau membuat rakyat Indonesia semakin melek internet. Dengan duduk santai di depan komputer bersambung internet, semua informasi, dari seluruh penjuru bumi dapat ditemukan dari situs-situs yang berjumlah jutaan tersebut, bahkan belanja pun cukup dilakukan lewat internet. Memulai bisnis internet sangat perlu keuletan.

Dari kacamata bisnis, kemajuan ini merupakan peluang yang sangat baik dimanfaatkan.. Apakah peluang tersebut? Salah satunya adalah bisnis online. Bisnis : usaha yang berhubungan dengan transaksi jual-beli. Online : lewat internet/dunia maya. Jadi bisnis online : transaksi jual-beli yang dilakukan lewat internet. Kemudian apa saja yang dapat dijual/dibeli? Tentu saja dapat berupa barang ataupun jasa. Dimana tempat kita berjualan? Di toko online (internet). Saran saya, sebagai pemula dimulai lewat blog gratisan dulu. Banyak keuntungan yang kita dapat dengan melakukan bisnis online. Lalu yang paling utama adalah bagaimana dan apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis online secara sederhana?



Untuk memulai bisnis online beberapa hal yang harus dilakukan adalah :
1.Menemukan produk/jasa yang ingin dijual. Bisnis tentu ada barang/jasa yang dapat diperjual-belikan. Buka mata dan lihatlah peluang bahwa semua yang kita lihat merupakan peluang untuk dibisniskan. Lalu pilih apa yang sesuai dijual dalam bisnis online. Untuk barang, dapat menjual barang-barang yang sekiranya tidak perlu diraba, cukup eye-catching pasti memikat pembeli, seperti dompet, tas, benda-benda kerajinan dll. Dapat juga dipilih sesuai keahlian yang anda punya, misalnya anda hobby membuat pernak-pernik lucu, buatlah beberapa buah lalu tawarkan ke pembeli. Yang hobby masak atau buat kue, silakan pajang hasil karya anda dan tarik pembeli untuk memakai jasa anda/membeli dagangan anda. Bagi yang pintar bahasa Inggris/ bahasa asing, anda dapat membuka usaha menawarkan jasa transalate bahasa untuk skripsi atau karya tulis. Dan begitu banyak hal lain yang dapat dibisniskan. Yang telah mempunyai bisnis di dunia nyata (offline) maka anda tinggal meluaskan usaha anda dengan bisnis online.
2.Menetapkan pasar yang cocok dengan melakukan survey pasar. Anda dapat melakukan survey lewat angket yang berisi pertanyaan kepada umum / batasan usia /gender yang menjadi target penjualan anda. Isi angket antara lain : usia, kisaran pendapatan, hoby, budget belanja bulanan untuk produk sepeti yang akan anda tawarkan misal beli assesoris, dll
3.Melakukan kerjasama dengan supplier dan jasa pengiriman barang. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan menekan biaya operasional.
4.Take action dengan memulai membuat toko online. Peluang baru akan memberikan manfaat jika dilakukan. Jangan pernah ragu untuk memulai menjadi lebih baik, banyak belajar dan terus mencoba.

Beberapa hari lalu saya sudah mengulas cara membuat blog dan cara memposting artikel. Nah, untuk bisnis online dengan menggunakan blogger.com ini, anda dapat mereview produk yang ingin ditawarkan, menampilkan gambar produk di blog anda, memberi tahu cara ketentuan pemesanan / pembelian produk anda. Setelah toko online anda jadi, yang dilakukan adalah promosi kan toko online anda kepada teman-teman anda di dunia maya, lewat forum, memanfaatkan social network dan iklan-iklan di internet.

Selamat mencoba !!!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks buat tipsnya. Simple dan mudah dimengerti

Ide-onlinebiz.blogspot.com mengatakan...

Belanja Cantik thanks ya.

Posting Komentar

Posting Komentar