Selasa

Mengalami Overload Information


Banyak orang yang betah berlama-lama di depan internet karena segudang informasi di seluruh penjuru bumi cukup di dapat dengan sambil duduk santai. Saat menggunakan internet, selalu ada saja hal menarik perhatian di saat kita sedang mengakses suatu situs atau mencari informasi apa saja.

Begitu pun ketika kita mulai menjalankan bisnis online, ingin belajar dan mencari tahu di internet kita selalu terpancing untuk membaca ilmu yang baru, merasa menemuan "wah...ini sepertinya akan mempercepat kinerja bisnis online saya, saya perlu mempelajarinya dulu dan akan saya terapkan di bisnis saya". Anda merasa semua informasi ini penting untuk terjun di bisnis internet "saya harus mempelajarinya dahulu" .Tapi belum selesai anda mempelajarinya, muncul lagi hal / informasi baru yang anda temui yang kembali menarik anda ke sebuah jendela baru. Yang terjadi akhirnya adalah belum selesai satu point pekerjaan anda sudah melangkah ke lain tempat, pindah lagi ke yang lain, coba lagi informasi yang baru sehingga tujuan awal tidak kunjung selesai atau selesai dalam waktu yang lama. Kemudian anda bingung dan frustasi dengan overload information yang anda dapatkan tapi kok sampaii saat ini belum memberikan hasil apapun dalam bisnis internet ini, bahkan jadi terlupa tujuan awal anda membangun bisnis internet dan parahnya belum apa-apa sudah merasa gagal.

Saya yakin semua pemula yang ingin terjun di bisnis internet mengalami overload information. Karena saya pun kadang seperti itu dulu. tapi sekarang setidaknya saya sedang belajar bagaimana caranya supaya bisnis internet ini benar-benar menjadi bisnis yang memberikan hasil yang baik. Cara sederhana saya mengatasi overload information, sebuah cara yang mudah tapi perlu disiplin untuk melakukannya, mudah-mudahan dapat diikuti pemula yang lain, dan semoga saja bermanfaat.

Mungkin ada yang sudah pernah membaca bukunya Roger Hamilton "Wink and Grow Rich". Buku yang bagus sekali untuk mengembangkan imajinasi kreativitas dan membangun mindset sukses dengan pedoman selangkah demi selangkah untuk menghasilkan uang melimpah. Pedoman dari buku ini saya gunakan untuk mengatasi overload information ini yaitu : Pikirkan, tuliskan, lakukan, tinjau kembali.

  1. Ide yang muncul adalah hasil karya pikiran kita. Di dalam pikiran, kita juga menghasilkan rencana. Tidak perlu terlalu jauh, pikirkanlah dahulu rencana beberapa hari ke depan tentang apa saja yang akan dilakukan untuk mulai membangun bisnis online.
  2. Untuk memudahkan ingatan kita, selalu tuliskan rencana anda dan berapa waktu yang kamu perlukan untuk setiap rencana tersebut.Siapkan juga sebuah catatan kecil untuk mencatat ide yang tiba-tiba muncul (ide dapat secara garis besar saja yang ingin anda tuangkan di blog/ website anda) atau dicatat di hp juga boleh karena biasanya hp selalu ada di dekat anda.
  3. Take action. Belajarlah seperti kuda yang lurus melihat tujuannya, tidak lirak-lirik kanan kiri sebelum tujuannya sampai. Lakukan rencana yang telah dibuat dengan disiplin, apalagi jika masih bekerja sebagai karyawan, anda perlu disiplin membagi waktu luang anda untuk kerja di internet, atau bagi yang menggunakan jasa warnet juga perlu perhatikan waktu pemakaian internet. Selalu usahakan rencana terelisasi tepat waktu atau bahkan in time/lebih awal. Setelah rencana sudah dilakukan, silakan mencari-cari dan belajar ilmu-ilmu baru untuk mengoptimalisasi kinerja bisnis internet.
  4. Tinjau kembali setiap satu rencana telah terealisasi, apa yang perlu dievaluasi dan dicoba lagi, apakah yang dilakukan telah optimal, dan susun kembali rencana selanjutnya. Contoh simplenya susun rencana Hari I : membuat 10 account email, Hari II : membuat sebuah blog dan merancang isi blog. Hari III : posting 3 artikel (atikel tentang A, B dan C)dst.
Dengan perencanaan, pelaksanaan kemudian melakukan evaluasi kembali, keberhasilan menjalankan usaha apapun termasuk bisnis di internet menjadi lebih optimal.

Sukses selalu !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar